Doa Jima’ dan Kapan Doa Itu Dibaca?




Mohon ustadz memberikan lafadz doa yang dibaca saat berjima’ dan kapan doa itu dibaca? Mohon penjelasannya. Terima kasih

Islam mengajarkan untuk berdoa setiap kali memulai sebuah amal shalih. Doa inilah yang menjadi kunci penentu cukup penting, di samping niat, agar sebuah amal bernilai ibadah di sisi Allah, sehingga amal itu akan mengalirkan pahala dan keberkahan.

Aktivitas seks suami-istri adalah amaliah yang berdimensi ibadah yang berpahala. Karenanya, Islam memberi tuntunan untuk mengawalinya dengan melantunkan doa terlebih dahulu. Dan khusus untuk mengawali hubungan seks, Rasulullah Saw telah mengajarkan doanya, sebagai berikut:

“Bismillah (dengan menyebut nama Allah). Ya Allah, jauhkan kami dari setan dan jauhkan setan itu dari apa yang Engkau rezekikan kepada kami (anak).

Rasulullah Saw bersabda,

“Sekiranya seseorang di antara kamu mendatangi (menggauli) istrinya, dan berdoa, ‘Bismillah (Dengan menyebut nama Allah). Ya Allah, jauhkan kami dari setan dan jauhkan setan itu dari apa yang Engkau rezekikan kepada kami (anak) ’, jika Allah menentukan kepada mereka mempunya anak, niscaya dia (anak itu) tidak diganggu oleh setan selamanya.” (HR.).



Terkait hukum membacanya dan bahayanya bila tidak membaca doa tersebut, bisa dibaca di jawaban saya terkait hal itu, silahkan baca Bahaya Tidak Membaca Doa Sebelum Menggauli Isti

Lalu kapan doa itu dibaca? Syaikh Hasan Ayyub dalam Fiqh al-Usrah al-Muslimah menyatakan, doa dibaca sebelum bersetubuh, karena membacanya di tengah bersetubuh hukumnya makruh. Demikian, semoga menjadi jelas.* (Kang Asti, pengasuh www.perspektifislam.com)

 

Comments

comments

About Kang Asti

Penulis lepas di sejumlah koran dan penulis produktif buku-buku Islami. Ketua Yayasan Mutiara Ilma Nafia Grobogan dan mengasuh sejumlah majelis taklim. Pertanyaan, undangan, kerjasama, dll via SMS/WA: 081347014686

View all posts by Kang Asti →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *